Berlari lalu sedikit bermanfaat untuk pendidikan anak indonesia.

Berlari adalah salah satu kegiatan yang membahagiakan, merefresh tubuh juga pikiran, lalu menambah energi positif yang ada dalam diri.

Awal …

berlari merupakan salah satu hal yang sangat tidak asing bagi saya. bahkan semenjak saja kecil. awal mula mengenal berlari tidak jauh jauh dari peran orang tua saya. ibu.. adalah sosok yang mengenalkan saya pada kegiatan olahraga ini sedari saya kecil.

salah satu faktor terbesar adalah orang tua saya (ibu) yang pada masa mudanya adalah salah seorang yang menekuni olahraga atletik (berlari) dan beliau adalah salah satu atlet (pada masanya).

ibu adalah salah satu sosok yang mengenalkan saya sejak dini mengenai berlari. saya masih ingat betul, ibu selalu mengajak saya bermain ke Gor Padjadjaran saat saya berumur 10-12 tahun. jauh sebelum itu, semenjak kecil ibu selalu membiasakan saya bermain ke alam sembari berlari. salah satunya ibu sering mengajak saya olahraga pagi menyusuri Dago Pakar (sebutan Taman Hutan Raya jaman dulu..hehe) dan Punclut yang pada masanya masih sepi dan enak untuk berolahraga di pagi hari.

ibu pun perlahan mengarahkan saya untuk menekuni kegiatan olahraga berlari (atletik). sesekali ibu mengarahkan saya berlatih lompat jauh pada saat saya berusia 12 tahun. setiap berkunjung ke Gor Padjadjaran saya selalu diajak mencoba berlatih baik berlari ataupun lompat jauh.

sayangnya, ego seorang anak remaja yang beranjak dewasa pada saat itu masih sangat besar dan bergejolak. rasa-rasanya saya tidak benar-benar menekuni kegiatan olahraga berlari (atletik) tersebut karena memang dibutuhkan komitmen dan kekonsistenan dalam bidang olahraga lari. mulai dari latihan intens, sampai pada akhirnya nanti akan diarahkan ke Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

saya lebih memilih kegiatan yang lain yaitu menari dan cheerleaders. dan pada akhirnya saya lambat laun mulai kurang intens ikut ibu latihan berlari.

lalu mengapa saya kembali berlari?

lalu mengapa saya kembali berlari?… pertanyaan yang sering kali saya tanyakan sendiri pada diri saya. tidak ada yang memaksa dan mengharuskan saya kembali berlari, bahkan ibu sekalipun. semuanya memang datang sendiri dari dalam diri.

saya dan olahraga adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. bukan hanya berlari, saya juga menekuni olahraga lain di Pusat Kebugaran, senam aerobik, body combat dan juga zumba yang semakin lama semakin heits hehe..

saat kuliah dulu minimal seminggu sekali saya selalu menyempatkan diri berlari di Sabuga, entah hanya beberapa putaran tetapi selalu saya sempatkan. semakin lama, olahraga apapun itu semakin tidak bisa dipisahkan dari bagian diri saya.

satu yang saya rasakan ketika tidak berolahraga, mood saya menjadi kurang baik dan kondisi tubuh terasa tidak enak, terkadang terasa seperti sakit sakit badan. oleh karena itu saya selalu memutuskan untuk selalu berolahraga setiap ada waktu luang, olahraga apapun itu, senam, bersepeda ataupun berlari.

berlari selalu membuat saya bahagia..

semakin intens saya melakukan kegiatan berolahraga, semakin bahagia juga saya. sebelum saya kembali lagi ke Bandung, di tempat sebelumnya (riau) pun saya cukup intens berlari, walaupun tidak di dukung oleh fasilitas yang memadai karna disana tidak ada trek khusus untuk berlari. setiap sore sepulang kerja saya berlari di taman kota (yang seadanya..hehe), dan pada akhirnya saya menemukan satu komunitas berlari yang baru di bangun juga diriau yaitu LibuRun, yang rutin mengadakan kegiatan lari malam setiap hari selasa. sayang, baru akan bergabung dan menemukan suatu wadah untuk hobby yang saya sukai saya keburu jatuh sakit. hepatitis A waktu itu, karna pola makan saya yang kurang baik sedangkan saya selalu rutin berolahraga. dokter memvonis tidak boleh berkegiatan berat, naik gununglah, apalagi olahraga. sedih!!! sedihnya bukan karna sakit, tetapi karna sakit tersebut menyebabkan saya tidak bisa berolahraga, sedihnya karna sementara saya tidak boleh berolahraga dulu. memang dasarnya bandel..hehe, saya melakukan olahraga ringan sendiri dikamar setiap pulang kerja, plank, situp, pushup. dan pada akhirnya setelah sehat , saya sudah bisa total lagi berolahraga seperti biasa.

semakin hari kecintaan saya kepada olahraga semakin tinggi, didukung wadah saya untuk berekspresi dalam olahraga berlari sangat menyenangkan. keluarga berlari saya IR Bdg yang selalu memberikan dukungan kepada pecinta lelarian , semakin membuat saya merasa hidup dalam kegiatan berlari. semenjak akhir 2014 saya masuk dalam keluarga yang begitu menyenangkan ini.

berlari untuk mencapai kepuasaan diri sendiri dan berlari untuk bermanfaat…

semakin intens berlari, saya mulai berani mengikuti beberapa event lari. jayagiri hilly we run, berlari 10k di hutan jayagiri adalah event lari pertama saya setelah kembali lagi menetap dikota bandung. lalu Ijen Trail Running, event lari selanjutnya yang saya ikuti. saya berlari sejauh 30K di Gunung Ijen, salah satu hal yang pada saat itu membuat saya menangis di 10K terakhir karena medannya yang cukup berat. dan terlalu emosional untuk mengejar finish sebelum Cut Off Time.

setelah itu banyak event-event lari yang saya ikuti dengan prinsip lari happy. yang penting finish, under COT tanpa cedera, foto sepanjang trek, dan finish bersama sama teman lainnya.karna berlari dengan kondisi happy tanpa tekanan dan bisa menjadi running buddy yang baik bagi teman adalah salah satu faktor yang mendukung untuk bisa menyelesaikan sebuah race lari dengan baik dan menyenangkan.

dan kali ini, saya akan berlari untuk sesuatu hal. sesuatu hal yang juga menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari diri saya yaitu berkegiatan sosial.

Bromo tengger semeru ultra 100 , seperti tahun tahun sebelumnya adalah event besar yang sudah setiap tahun diadakan di kawasan bromo tengger semeru. berbeda dengan tahun 2015 lalu, saya berlari 30k disana dan saya hanya berlari. kali ini, Insha Allah jika Tuhan memberikan kesehatan, rezeki dan kekuatan lebih di bulan November nanti, bulan yang penuh berkah bagi saya, saya akan mengikuti BTS Ultra 100 lagi dengan kategori yang berbeda dan berlari untuk kemajuan pendidikan anak indonesia.

Insha Allah saya akan berlari sejauh 70K dengan sebuah target yang ingin saya capai. Saya tidak akan putus asa menyelesaikan lelarian saya di bromo tengger semeru ultra 70K tanggal 4 november 2016 , untuk mengapresiasi adik adik kita yang kekurangan agar tidak putus asa untuk terus bersekolah. saya akan menggalang dana untuk indonesia mengajar. membantu adik adik kita dipelosok indonesia yang masih membutuhkan perhatian dalam hal pendidikan.

tidak banyak yang bisa saya lakukan, saya akan berusaha menyelesaikan berlari sampai finish sekaligus mengumpulkan donasi untuk adik-adik kita dipelosok indonesia. setidaknya walaupun tidak bisa turun langsung menjadi relawan indonesia mengajar, saya ingin mensumbangsihkan dedikasi saya untuk membantu dan mendukung pengajar muda yang tersebar di seluruh pelosok indonesia agar program mendidik adik-adik diseluruh pelosok indonesia berjalan lancar.

semoga teman-teman juga bisa membantu mewujudkan impian adik-adik kita di seluruh pelosok indonesia untuk berpendidikan baik dengan cara berdonasi untuk kampanye saya ini.

berlari untuk anak indonesia , silahkan klik link berikut ini untuk mendedikasikan sumbangsih kalian untuk anak negeri. terima kasih dan salam olahraga.

berbuatlah sedikit berbeda dalam kehidupanmu, dedikasikanlah dirimu untuk sesuatu yang menurutmu berharga dan membahagiakan. bukalah matamu lebih luas untuk mereka yang masih lebih membutuhkan. jadilah manusia yang setidaknya bisa sedikit bermanfaat bagi sesiapa yang ada disekitar kita.

lakukanlah hobby beserta kegunaan kegunaan lainmu dalam kehidupanmu, karna itu akan memberikan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi diri kita sendiri.

salam sayang.

salam inspirasi.

#marilari

#marimenginspirasi

bandung , 19 oktober 2016.

img_20151107_053440
BTS 30K – November 2015
bts2016-70k-gain
Bismillah, semoga semesta mendukung 🙂
bts2016-70k-map
course maps BTS 70K

 

Tinggalkan Balasan