Kolaka butuh kalian.

Perpustakaan 1000 Jendela Kolaka Sulawesi Tenggara.

Lokasi : Masjid Agung Khaerah Ummah, Kolaka, Sulawesi Tenggara

❶ Latar belakang

1000 Jendela merupakan sebuah inisiatif sederhana dari sekelompok anak muda, pribumi yang bercita-cita menanamkan minat baca pada anak-anak dan masyarakat sekitar daerah Kolaka, Sulawesi Tenggara. Inisiatif tersebut diwujudkan dengan cara membuka lapak baca yang kurang lebih dilakukan sepekan sekali.

Lokasi Perpustakaan 1000 Jendela ini berada di Pelataran Masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Anak-anak di daerah Kolaka, Sulawesi Tenggara mayoritas adalah anak-anak dari latar belakang orang tua yang bekerja serabutan dan pedagang asongan, yang notabene kurang lebih 50% yang masih mengecap pendidikan formal disekolah, sisanya mengalami putus sekolah karena satu dan lain hal, seperti masalah biaya dan lain sebagainya.

Dari keadaan tersebutlah maka muncul ide juga gagasan serta inisiatif dari dua orang relawan (mbak riri beserta teman) untuk lebih mengembangkan Perpustakaan 1000 Jendela. Setelah berjalan kurang lebih 3 bulan, ternyata antusiasme anak-anak cukup tinggi terhadap keberadaan lapak Perpustakaan 1000 Jendela ini. Dengan adanya antusiasme anak anak yang cukup tinggi tersebut, ternyata tidak sebanding dengan kapasitas jumlah buku yang tersedia di Perpustakaan 1000 Jendela.

Saat ini Perpustakaan 1000 Jendela memiliki 2 orang relawan, salah satunya adalah Mbak Riri Ilham. Pemudi setempat yang sehari-hari banyak beraktifitas sosial disana. Satu minggu sekali, Mbak Riri dibantu 1 orang relawan (temannya) membuka lapak Perpustakaan 1000 Jendela di Pelataran Mesjid. Dengan sabar menunggu anak-anak datang menghampiri untuk membaca buku.

Kurang lebih ada 150-200 buku yang dipajang setiap kali membuka lapak di pelataran masjid. Buku yang bisa dibaca oleh anak-anak cukup beragam mulai dari buku dongeng, filsafat, sejarah sampai buku pelajaran (yang masih seadanya)

Sayangnya buku yang ada masih kurang mencukupi untuk memfasilitasi anak-anak membaca.

❷ Target Perpustakaan 1000 Jendela

Mengajak dan membiasakan anak-anak baik yang masih bersekolah ataupun sudah putus sekolah untuk dapat terus membaca dan belajar dengan cara memfasilitasi mereka dengan menyediakan buku-buku bacaan, dongeng, sejarah, filsafat juga buku pelajaran.

Langkah kedepannya, akan ada tambahan kurang lebih 9-10 orang relawan untuk menggerakkan sekolah baca dan tulis untuk melanjutkan memberi pendidikan kepada anak-anak yang sudah putus sekolah.

❸ Apa yang dibutuhkan?

Perpustakaan 1000 Jendela Kolaka masih amat sangat terbuka dengan kepedulian dari kakak-kakak semua untuk lebih mengembangkan 1000 Jendela ini.

kami masih sangat ingin mengerakan antusias kakak-kakak sekalian dan sangat terbuka terhadap peran teman teman sekalian dalam memajukan pendidikan dan pengetahuan anak indonesia.

Kebutuhan kami kurang lebih berupa :

– ensiklopedi

– dongeng

– buku pelajaran (kurikulum menyesuaikan dengan saat ini)

– buku gambar

– pensil warna

– papan jalan

– meja lipat

– rak buku

– Donasi ide, gagasan dan atau masukan yang membangun (email : pestabukuanakindonesia@gmail.com )

” Tunjukan rasa cintamu kepada Indonesia, dengan peduli kepada Pendidikan Anak Indonesia.”

Best Regard’s

Andarianindya – 0856 2489 8814 (phone – whatsapp)

Bandung, Indonesia.

Tinggalkan Balasan